PENDAHULUAN

Heuristic Evaluation (HE) merupakan metode yang dapat digunakan untuk mereview pada sebuah software dalam bentuk website maupun mobile apps. Heuristic Evaluation (HE) dikemukakan oleh Jakob Nielsen dan Molich pada tahun 1990. Metode ini akan diimplementasikan untuk mereview mobile apps kereta api Indonesia Access.

Aplikasi KAI Access merupakan aplikasi mobile apps untuk membeli tiket perjalanan kereta api secara online melalui smartphone Android. Tiket perjalanan terdiri dari semua kelas dan semua stasiun dalam bentuk mobile apps.

10 prinsip HE untuk desain interface maupun user experience suatu aplikasi yaitu:

  1. Visibility of system status
  2. Match between system and the real world
  3. User control and freedom
  4. Consistency and standards
  5. Error prevention
  6. Recognition rather than recall
  7. Flexibility and efficiency of use
  8. Aesthetic and minimalist design
  9. Help users recognize, diagnose, and recover from errors
  10. Help and documentation

Tidak semua prinsip akan diulas untuk KAI Access, hanya 6 dari 10 prinsip HE yang akan diulas, yaitu:

  1. Visibility of system status
  2. Aesthetic and minimalist design
  3. Flexibility and efficiency of use
  4. Help and documentation
  5. Help users recognize, diagnose, and recover from errors

Severity Rating / Peringkat keparahan : Merupakan penilaian berupa peringkat dari 0 – 4

  • : Saya tidak setuju, tidak menjadi masalah
  • : Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
  • : Permasalahan Minor, prioritas rendah (low priority)
  • : Permasalahan Mayor, prioritas tinggi (high priority)
  • : Penting untuk diperbaiki sebelum productdi release

 

PEMBAHASAN

 

1 Evaluasi Heuristik

1.1 Visibility of System Status

Visibility of system status adalah kejelasan status pengguna sedang berada dimana, kemana pengguna bisa pengguna dapat pergi dari satu status ke status berikutnya. Visibility of system status juga dapat diartikan dengan fungsi apa saja yang dapat terlihat dan digunakan oleh pengguna melalui sebuah antarmuka dan juga respon yang diberikan oleh sebuah antar muka ketika setiap aksi dilakukan oleh pengguna.

Usabilitas yang dilanggar:

Consistency and standards

Screenshot:

Screenshot_2016-06-18-23-13-43            Screenshot_2016-06-18-23-12-53

Gambar 1.1 List Perjalanan           Gambar 1.2 letak stasiun menurut map

 Masalah Usabilitas:

Stasiun kereta yang tidak di visualisasikan

Deskripsi masalah usabilitas yang ditemukan:

Ketika akan mengurutkan tiket perjalanan berdasarkan harga tertinggi ke rendah, halaman list perjalanan tetap tidak ada perubahan dari pertama kali halaman tersebut di load. Serta tampilan stasiun tujuan dan keberangkatan yang terlihat di map tidak mempunyai nama.

 Saran perbaikan yang dapat dilakukan:

Fungsi sort harus dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Serta penambahan lokasi stasiun di map serta nama stasiunnya

Skala Severitas:

3

Screenshot:

Screenshot_2016-06-19-00-08-45

Gambar 1.3 Konfirmasi pemesanan

Masalah Usabilitas:

Type face tidak konsisten cendrung kecil

 Deskripsi masalah usabilitas yang ditemukan:

Saat melakukan konfirmasi pemesanan tulisan cendrung memiliki typeface yang susah di baca, dan cendrung berubah ubah jenis typefacenya.

Saran perbaikan yang dapat dilakukan:

Seharusnya ketika berada di halaman konfirmasi haruslah memiliki typeface yang jelas dan mudah untuk di baca

Skala Severitas:

4


1.2 Aesthetic And Minimalist Design

Aesthetic and Minimalist Design kerelevanan informasi yang diberikan. Maksdunya informasi yang di berikan haruslah sesuai dengan tujuan pengguna, apabila terlalu banyak informasi yang tidak digunakan oleh pengguna maka membuat kegunaan sistem menjadi berkurang. Apabila informasi yang dibutuhkan akan memberikan dampak yang serupa.

Usabilitas yang dilanggar:

Aesthetic and minimalist design

Screenshot:

Screenshot_2016-06-19-00-06-50                  Screenshot_2016-06-19-00-07-29

Gambar 1.4 List metode pembayaran   Gambar 1.5 metode pembayaran

Masalah Usabilitas:

Tidak terdapat line pemisah / frame untuk memisahkan jenis pembayaran dan kode pembayaran

 Deskripsi masalah usabilitas yang ditemukan:

Tidak adanya kolom maupun line untuk memisahkan Antara kode pembayaran dan batas waktu transaksi dan tidak memiliki frame pada sisi kanan dan kirinya

Saran perbaikan yang dapat dilakukan:

Harus adanya pemisah Antara metode pembayaran via atm, kartu kredit maupun bayar tunai melalui indomaret maupun alfamart

Skala Severitas:

4

 

 

1.3 Flexibility And Efficiency Of Use

Flexibility and Eficiency of Use, merupakan metode yang dapat membantu user dalam menyelesaikan task maupun tujuan pengguna menggunakan aplikasi mobile app ini. Dan mengurangi kegagalan pengguna dalam menyelesaikan tugasnya

Usabilitas yang dilanggar:

Flexibility and efficiency of use

Screenshot:

                        Screenshot_2016-06-18-22-57-03

Gambar 1.6 Timeline perjalanan KA

                       Screenshot_2016-06-18-03-15-36

Gambar 1.7 Home screen awal KAI Access

Masalah Usabilitas:

Tidak adanya kolom langsung yang menuju pemesanan di awal home screen, harus melalui tombol pemesanan. Serta jadwal perjalan kereta yang masih menggunakan jadwal lama tahun 2015

 Deskripsi masalah usabilitas yang ditemukan:

Untuk menyingkat waktu pemesanan tiket perjalanan KA mestinya form tersebut diletakkan di awal home screen untuk mempermudah user, dan mengefisienkan luas laman apps yang terlalu lebar.

 Saran perbaikan yang dapat dilakukan:

Membuat halaman home screen yang terdapat langsung menu pemesanan KA tanpa harus menuju kolom pemesanan, dan terdapat timeline harga termurah tiket perjalanan maupun diskon.

 Skala Severitas: 3

 

1.4  Help and documentation

Merupakan cara untuk menuntun user dalam menyelesaikan tasknya yaitu pemesanan tiket perjalanan KA ataupun tatacara menggunakan system aplikasi tersebut. memberikan bantuan kepada user apabila terjadi kesalahan dalam menggunakan mobile apps tersebut.

Usabilitas yang dilanggar:

Tidak adanya kolom bantuan pada aplikasi ini

Screenshot:

                     Screenshot_2016-06-18-22-53-49                             Screenshot_2016-06-18-22-48-22

     Gambar 1.8 kolom about tidak ada menu bantuan   Gambar 1.9 dokumentasi pemesanan

 

Masalah Usabilitas:

Tidak memiliki menu bantuan bagi user, tidak menemukan masalah di dokumentasi

Deskripsi masalah usabilitas yang ditemukan:

Tidak adanya menu bantuan bagi user apabila menemukan masalah dan tidak adanya tuntunan system bagi user dalam proses pemesanan tiket KA tersebut. Apabila terjadi error dalam pemesan tiket perjalanan KA tersebut user tidak tau harus menghubungi siapa.

Saran perbaikan yang dapat dilakukan:

Menambahakn menu bantuan untuk membantu user apabila menemukan masalah dalam menyelesaikan task yang dituju.

Skala Severitas:

4

 

1.5 Help Users Recognize, Diagnose, And Recover From Errors

Merupakan cara interaksi Antara system dengan user apabila terjadi kesalahan ataupun keyword yang di masukkan tidak ditemukan, biasanya dalam bentuk pesan kesalahan yang disampaikan dengan Bahasa sederhana tanpa notifikasi kode error, dan menunjukan masalah yang sedang tejadi serta memberikan soluse pada user.

Usabilitas yang dilanggar:

Help Users Recognize, Diagnose, And Recover From Errors

Screenshot:

Screenshot_2016-06-18-22-53-59

Gambar 2.0 terlihat aplikasi memberikan sinyal repon jaringan.

Screenshot_2016-06-20-05-06-06.png

Gambar 2.1 tidak ada notifikasi apapun di pencarian tiket

Masalah Usabilitas:

Tidak adanya notifikasi error pada apps pada menu pencarian tiket KA

 

Deskripsi masalah usabilitas yang ditemukan:

Tidak memberikan notifikasi apabila terjadi error pada system yang ditemukan oleh user. Membuat user menjadi bingung apakah system berjalan atau masih dalam kondisi error

 

Saran perbaikan yang dapat dilakukan:

Apabila system berada dalam kondisi error haruslah memberikan popup maupun pesan kepada user, yang berguna untuk mengkondisikan user agar dapat keluar atau memberi solusi dari masalah error tersebut.

 

Skala Severitas: 4

Rekap Evaluasi Heuristik

Heuristik Masalah Usabilitas yang Ditemukan Severitas
H1 ·         Tidak menampilakan keterangan stasiun dan lokasinya 3
H2
H3
H4
           H5
H6
H7 ·         Fitur pencarian tiket terletak di dalam kolom, bukan di menu awal home screen 3
H8 ·         Tidak adanya frame pada sisi samping untuk memisah antar kolom 3
H9 ·         Popup pesan error tidak jelas dan membingungkan 4
H10 ·         Tidak ada menu bantuan pada aplikasi ini 4

 

Keterangan:

H1 : Visibility of system status

H2 : Match between system and the real world

H3 : User control and freedom

H4 : Consistency and standards

H5 : Error prevention

H6 : Recognition rather than recall

H7 : Flexibility and efficiency of use

H8 : Aesthetic and minimalist design

H9 : Help users recognize, diagnose, and recover from errors

H10 : Help and documentation