Bagi sebagian masyarakat desain Audi cenderung membosankan, karena memiliki garis bahu yang lurus ketimbang saudaranya dari Jerman yang lebih dinamis. Namun, simplisitas ini yang menjadi daya tarik Audi.

Perubahan desain bisa dibilang merupakan perubahan total dari generasi C6 menuju C7. Tentu yang menjadi pembeda utama dari segi tampilan adalah lampu yang kian modern. Generasi sebelumnya masih menggunakan desain mengotak, namun pada A6 terbaru, lampunya beralur dan bahkan dihiasi LED sebagai daytime-running lights.

Gril depan pun diubah sedikit, namun bermakna banyak. Gril trapezoid bersudut empat kini menjadi sudut enam. Yang menarik adalah hilangnya lampu kabut pada varian anyar ini, namun Audi menyematkannya menyatu pada lampu utama. Kami sempat tergelitik membandingkan A6 yang kami coba di Italia dengan unit tes ini, bedanya yang kami kendarai di Eropa memiliki lampu kabut dengan lampu utama full LED, sementara yang ditawarkan di Indonesia menggunakan lampu Xenon.

Tak lupa, bagian belakang pun berkesan lebih mewah dengan deretan LED yang menawan. Hal ini menunjang keseluruhan desain bagasi dan bumper.

Mari nikmati interior A6. Butuh waktu kurang lebih 8 menit untuk mengenal semua tombol dan fungsi pada New A6 ini. Maklum, ini adalah mobil baru dengan ‘gadgetary’ modern. Multi Media Interface (MMI) semakin lengkap. Bahkan layarnya tersimpan rapi di dasbor tengah saat tidak digunakan, pun bila mengganggu, dapat dilipat menggunakan tombol tepat disamping layar.

Kemudinya nyaman digenggang dengan tombol audio, navigasi, informasi serta voice control. Pengendaliannya sigap berkat penerapan penggerak Quattro khas Audi.

Berita gembira hadir di bangku belakang yang memberikan kenyamanan dan kelegaan bagi penumpang. Ruang kepala dan kaki terasa luas dan hembusan angin sejuk pun dapat diatur secara manual sesuai selera.

Kini saatnya mencoba performa A6 berkode C7 ini. Saat kami merasakan torsi 500 Nm pada varian diesel di Bridgestone Proving Ground, Balocco, Italia, angka 220 km/jam mudah sekali diraih dan tenaga tersalur dengan mulus tanpa hentakan. Kali ini di Jakarta, kami hanya mencoba akselerasi spontan serta kick-down. Jujur, kami sempat terkejut sendiri ketika turbo-nya menambahkan tenaga, karena akselerasi yang diberikan begitu cepat dan sigap. Tak heran, karena kami menggunakan mode ‘S’ pada transmisinya dan pengaturan pada Drive Select menggunakan Dynamic.

Berbeda karakter saat menggunakan Comfort apalagi Efficiency. Walaupun pedal gas dipijak secara spontan, mobil tidak akan melaju secepat dynamic. Kini, pengemudi dapat mengatur sendiri sesuai selera dalam mode Individual.


Berkesan lebih mewah dengan deretan LED di lampu belakang

Mobil baru dengan gadgetary modern
Butuh waktu sekitar 8 menit untuk mengenal semua fungsi tombol
 Gril berubah menjadi sudut enam  Akselerasinya cepat dan sigap
Audi A6 3.0 TFSI quattro
 Harga  Rp 990 (off the road)
 Panjang/wheelbase  4.915 / 2.912 mm
 Lebar/tinggi  2.086 / 1.455 mm
 Mesin/kapasitas  V6 / 2.995 cc
 Tenaga maksimum  300 dk / 5.250 rpm
 Torsi maksimum  440 Nm / 2.900 rpm
 Transmisi  Auto S-tronic 7-speed
 Kapasitas tangki/bagasi  65 liter/530 liter
 Bobot  1.740 kg
 0-100 km/jam  6,36 detik
 0-60 km/jam  3,16 detik
 60-80 km/jam  1,33 detik *
 80-100 km/jam  1,87 detik *
 100-120 km/jam  2,02 detik *
 Pengereman (100-0 km/jam)  N/A
 Konsumsi bbm tol/dalam kota  13,1 / 6,4 km/l
 Airbag/ABS/EBD/BAS  6/ada/ada/ada
 Traction Control/Stability Control  Ada/ada
 AC climate control/dual zone/pelek alloy  Ada/ada/18 inci
 CD/tombol setir/cruise control  Ada/ada/ada
 Headlamp leveling/Xenon/DRL  Ada/ada/ada
 Foglamp/Spion/pelipat elektrik  Ada/ada/ada
 On-board computer/smart key  Ada/tidak
 Setir adjustable reach/rake  Ada/ada
 Jok elektrik/heater/sensor parkir  Ada/tidak/ada
 Auto door-lock/sunroof  Ada/ada
 *kickdown
 FIRST OPINION
Kehadiran A6 anyar ini patut diwaspadai oleh BMW dan Mercedes, karena generasi terkini memiliki banyak perubahan signifikan untuk menjadikannya terdepan, walau tidak dipungkiri bahwa di Indonesia banyak yang masih setia dengan Stuttgart dan München. Apakah Anda siap dengan perubahan yang ada pada segmen Medium Luxury Sedan?SEKILAS PANDANG

    • Selain varian ‘standar’, terdapat pilihan S-Line untuk konsumen yang ingin tampil beda. Harganya lebih mahal Rp 80 juta dari varian standar.
  • Kapasitas mesin ditawarkan 2.8 dan 3.0 keduanya bermesin bensin

 

 

Copy : http://www.autobildindonesia.com/read/2011/12/30/4769/24/11/Watch-it-Here-Comes-The-New-A6