CARADVICE

Hanya bisa membawa dua penumpang

CARADVICE

Saat melesat di air

caradvice

CHINA, KOMPAS.com — Padatnya lalu lintas di China telah menginspirasi Zhang Yuhan, seorang mahasiswi jurusan desain, untuk menciptakan kendaraan multi-fungsi dengan memakai merek Volkswagen. Mobil tersebut dinamakan VW Aqua Concept Hovercraft, yang berarti bisa di darat dan air.

Hovercraft VW Aqua ini dirancang sebagai mode transportasi yang efektif untuk Negeri Tirai Bambu. Selain bisa melesat di danau dan sungai, kendaraan ini juga bisa melaju di salju yang berat sekalipun.

Yuhan membuat konsep ini saat mengikuti gelaran CDN Car Design Award di China yang diselenggarakan oleh mantan perancang BMW dan guru otomotif, Chris Bangle. Ternyata, Yuhan menjadi salah satu finalis.

Yang paling menonjol dari Aqua, motor penggeraknya berbahan bakar hidrogen. Layaknya hovercraft yang pernah ada, ketika di darat, bagian bawah kendaraan tanpa roda itu mengembang. Ketika melaju, dua motor yang diletakkan pada sebuah lingkaran di roda belakang, plus dua di bagian atas (semuanya digerakkan oleh motor listrik), secara bersamaan akan mendorong VW Aqua.

“Dasar dari Aqua ini diambil dari kendaraan off-road China yang dibuat ulang oleh Volkswagen. Ia (Aqua) adalah kendaraan futuristik yang didukung oleh hidrogen dan didorong oleh impeller (semacam turbin),” ungkap Yuhan.

Dia menjelaskan bahwa Aqua digerakkan oleh beberapa mesin, yang utamanya berupa kipas penggerak di bagian bawah. Fungsinya mengangkat bodi dengan bantuan udara yang menekan ke bawah agar tidak mengenai tanah. Lalu, mesin tambahan yang berada di luar bodi mendorong ke depan.