Minggu, 19 September 2010 | 16:11 WIB

BMW

BMW

BMW

MUNICH, KOMPAS.com — BMW AG mengumumkan kehadiran Concept 6 Series Coupé pada Paris Motor Show bulan depan. Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (19/9/2010), prinsipal mobil Jerman itu memperlihatkan gambar secara visual dari konsep desain mobil sport 2+2.

Goresan desainnya banyak terpengaruh mobil konsep Grand Coupe empat pintu yang hadir di Beijing Auto Show April lalu. Di balik bodi terdapat konstruksi mekanis serupa dengan BMW Seri 5, F10.

Secara keseluruhan, mobil tampak lebih ramping dengan gril lebih rendah dan bentuk kap mesin yang tajam seperti moncong hiu. Seri 6 baru ini memiliki ciri khas desain Adrian van Hooydonk yang sebelumnya telah menelurkan BMW Seri 7 dan Seri 5.

Lampu utamanya menggunakan teknologi LED. Di bagian belakang, lampu utama berbentuk huruf “L” dan menjadi identitas BMW saat ini, seperti yang dimiliki Seri 5. Plus, ada lubang knalpot ganda yang besar di bawah bemper, menambah galak tampilan.

Kabinnya lapang karena dipersiapkan sebagai kupe empat pintu pada masa datang. Tampilan dasbornya asimetris dengan bagian konsol tengah yang bersudut mengarah ke pengemudi. Layar iDrive baru di bagian atas konsol tengah memiliki pigura aluminium. Bagian setir palang tiga juga mendapatkan sentuhan desain baru.

BMW memang belum memberikan keterangan angka dimensi atau jantung pacu yang akan diusungnya. Namun, jajaran mesin diesel dan bensin yang digunakan oleh model-model BMW lain tampaknya akan ditawarkan sebagai pilihan-pilihan awal. Mesin-mesin itu antara lain mesin 6 silinder segaris 3,0 liter dengan TwinPower turbocharger. Adapun varian M6 diperkirakan akan mengusung mesin V8 4,4 liter turbocharger-ganda yang menghasilkan tenaga 550 PS.