BlackberryMenyetir sembari telepon atau SMS, pasti bakal merugikan diri sendiri dan orang lain. Tahukah kita ada aplikasi ponsel, yang dapat ‘menjaga keselamatan’ nyawa pengemudi?

Aplikasi ini akan menjadi satpam dengan ‘mengunci’ ponsel otomatis ketika kendaraan sedang bergerak. Alhasil pengemudi tidak bisa ber-SMS, menelepon, serta ber-internet saat melaju kencang di jalan.

Dengan GPS yang tertanam pada ponsel, dikalkulasikan dengan laju kecepatan kendaraan, aplikasi ini bekerja. Bagaimana jika kita perlu menelpon mendadak?

Tenang, aplikasi ini mengijinkan penggunanya untuk meng-input nomor telepon penting, sehingga tetap bisa menghubungi nomor-nomor tersebut. Aplikasi ini juga akan mengalihkan panggilan telepon jika sedang dikunci, kecuali nomor-nomor tersimpan sebagai nomor yang bebas blokir.

Beberapa aplikasi juga bisa ‘diajak negosiasi’ saat pengguna berada dalam kendaraan, tapi bukan sebagai sopir. Seperti dikutip dari NY Times, Kamis (28/4/2010) berikut adalah beberapa aplikasinya:

1. tXtBlocker

Aplikasi ini akan memblokir akses untuk SMS, telepon, email, dan internet. tXtBlocker juga bisa memberitahu lokasi dimana pengguna berada pada peta online. Pengguna bisa mengatur pada jarak berapa pemblokiran bisa dihentikan sementara untuk menerima segala akses tadi. tXtBlocker tersedia bagi BlackBerry, Windows Mobile, Android, dan iPhone.

2. CellSafety

Selain sama seperti tXtBlocker, aplikasi ini juga mampu memblokir situs pornografi ketika sedang ber-internet. Aplikasi ini tersedia di ponsel Android, BlackBerry, dan beberapa seri Nokia tertentu.

3. iZup

Apabila aplikasi lain bisa ‘bernegosiasi’, lain halnya yang satu ini. Begitu pemblokiran teraktifkan, pengguna tidak bisa mengakses sama sekali. Pengguna hanya akan diberi kesempatan memanggil satu nomor yang penting untuk dihubungi. Aplikasi ‘arogan’ ini bisa digunakan untuk ponsel BlackBerry, beberapa versi Android, LG, dan Samsung.

4. ZoomSafer

Pemblokiran yang dilakukan aplikasi ini masih sama seperti aplikasi lain. Hanya caranya lebih mudah dengan menyimpan suara kita, untuk mengaktifkannya maaupun memblokirnya kembali.

Uniknya, ZoomSafer mampu memberitahu orang lain yang menghubungi dengan teks via SMS dan email.’Saya sedang menyetir, akan saya hubungi nanti’. Aplikasi ini tersedia bagi BlackBerry dan beberapa Windows Phone.

Sumber : detikINET