photo: maaco-fremont.blogspot

Dilihat dari tampang luarnya, mungkin ini seperti mobil sport jadul yang tidak istimewa. Tapi bila Anda tahu yang ada di balik bonnet mobil ini Anda pasti kaget.

Sebab Porsche 928 lansiran tahun 1982 ini ternyata tidak dibekali oleh mesin V8 biasa, melainkan sebuah mesin turbin yang biasanya digunakan oleh sebuah helikopter, bukan mesin mobil konvensional biasa.


photo: design911

Seperti dikutip dari Pistonheads, Jumat (9/7/2010), mesin turbin yang teraplikasi di mobil ini adalah sebuah mesin turbin yang biasanya menderu dari helikopter QH50 yang dahulu digunakan di era perang Vietnam.

Hasilnya Porsche 928 ini yang bertenaga hanya sekitar 200 hp pun menjadi bertambah kuat, karena kini Porsche milik warga Oregon, Amerika Serikat tersebut sudah memiliki tenaga hingga 365 hp dengan torsi gila yang mencapai 700 lb-ft.



photo: design911

Padahal kalau pun mau, si pemelik sebenarnya bisa lebih membaut mobil ini bertenaga karena sejatinya mesin helikopter tersebut meniliki kekuatan hingga 550 hp.

Gilanya lagi, ketika mesin dinyalakan maka karakter sebuah pesawat tempur masih tersisa di mobil ini. Deru mobil makin menggila. Bahkan dari kap mesinnya tersebut api yang memiliki panas hingga 270 derajat celcius.


photo: autosavan

Nah bila Anda naksir, si pemilik gilanya ternyata mau melepas mobil bermesin helikopter ini dengan harga US$ 20 ribu atau sekitar Rp 181 jutaan. Tertarik?