Setelah mendapat uang tebusan dalam peristiwa pembajakan kapal tanker berbendera Yunani, para bajak laut di teluk Aden, Somalia akhirnya membebaskan kapal berikut awal kapalnya yang tersandera. Maran Centaurus adalah kapal tanker terbesar yang pernah dibajak oleh kelompok bajak laut Somalia.

Para perompak setuju untuk melepaskan kapal setelah sebuah pesawat terbang menjatuhkan sedikitnya lima juta dolar uang tebusan di geladak kapal. Diperkirakan, dana tembusan yang diserahkan lebih dari lima juta dolar, bahkan mencapai 7,5 juta dolar Amerika.

Angka ini adalah tebusan terbesar yang pernah dikeluarkan untuk para perombak di laut Aden tersebut. Senin kemarin, kapal dibebaskan oleh para pembajak.

Hassan, salah seorang bajak laut, mengatakan kepada kantor berita Reuters, “Kami telah sepakat untuk menyelesaikan perselisihan kita dan melepaskan kapal. Kapal sudah bebas dan berlayar pergi sekarang.” Dia mengatakan bahwa kapal ini mengangkut 16 awal kapal dari Filipina, sembilan orang Yunani, dua orang Ukraina dan Rumania, semua selamat.

Pada awal bulan Januari 2009, sebuah kapal ditebus dengan harga tiga juta dolar Amerika. Dan kini, tebusan telah meningkat dua kali lipat untuk menebus kapal tanker. Maran Centaurus, membawa dua juta barel minyak, dibajak pada bulan November dalam perjalanan dari Kuwait ke Amerika Serikat. Perompak telah memperluas jangkauan mereka, menyerang kapal sampai dengan 1.800 km dari Somalia, jauh di Samudera Hindia.