Opera Mini 5.1 Untuk Ponsel Dengan Memori Terbatas
Posted on 08/07/2010 by operaTor

Jika Anda pengguna Opera Mini dan merasa bahwa Opera Mini 5.0 terlalu berat untuk diinstal di ponsel yang Anda miliki, sekarang saatnya Anda mendownload Opera Mini versi terbaru yaitu 5.1.

Opera Mini 5.1 ini di-optimalkan untuk ponsel dengan layar kecil dan memori terbatas. Jadi jika Anda menggunakan ponsel cerdas (smartphone) atau ponsel modern lainnya, tidak perlu upgrade ke Opera Mini 5.1.

Untuk mendownload Opera Mini 5.1 ini Anda cukup membuka http://m.opera.com dari browser bawaan ponsel Anda dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Related: Opera Mini tersedia di 3000 ponsel
Posted in Opera Mini | Tagged low memory, Opera Mini, update, upgrade | Leave a comment
Opera 10.60 dengan geo-lokasi dan webm
Posted on 02/07/2010 by operaTor

download 1060

Hari ini Opera meluncurkan rilis browser terbarunya yaitu Opera 10.60 yang dilengkapi dengan fitur geo-lokasi. Rilis kali ini tersedia untuk semua paltform (Windows/Unix/Mac) dan bisa di-download dengan gratis di http://www.opera.com/browser/.

Salah satu fitur unggulan di dalam Opera 10.60 ini adalah geo-lokasi (geolocation) di mana Opera bisa mengetahui lokasi kita.

geo-lokasi opera

Fitur ini digunakan oleh aplikasi-aplikasi website modern untuk penentuan lokasi, misalnya pada situs foursquare.com dan koprol.com yang memungkinkan kita memberitahukan lokasi kita kepada orang lain. Tentu saja fitur ini bisa dimatikan jika kita menginginkan privasi atas lokasi kita.

Fitur lainnya adalah WebM, yaitu format modern untuk video online. Dengan format ini kita tidak lagi membutuhkan flash player di browser karena browser sudah memiliki player sendiri. Silahkan membuka demo video WebM untuk mengetahui seperti apakah WebM tersebut. Pastikan browser yang digunakan sudah support dengan tag dan WebM, misalnya Opera 10.60😀

Opera 10.60 ini juga jauh lebih cepat dari versi sebelumnya, berikut ini grafik perbandingan kecepatan Opera 10.60 yang di-tes menggunakan Peacekeeper Benchmark:

Opera Peacekeeper Benchmark

Selain fitur baru dan perbaikan kecepatan, ada sedikit perubahan untuk mempercantik tampilan browser ini, yaitu icon pada visual tabs. Jadi ketika kita membuka banyak tab, kita bisa menaruh kursor mouse ke salah satu tab dan akan muncul ikon sesuai dengan isi tab tersebut. Untuk tab yang bukan berupa halaman web, berikut ini tampilan yang akan muncul:

Custom icons di Visual tab

Sedangkan untuk keterangan teknis mengenai Opera 10.60 ini Anda bisa menuju halaman Opera Developer Network (ODIN) untuk informasi selengkapnya.

Download Opera 10
Posted in Berita, Opera | Tagged 10.60, geolocation, rilis, webm | Leave a comment
Opera Mobile 10 untuk Maemo
Posted on 11/05/2010 by operaTor

Opera Software hari ini mengumumkan dikeluarkannya rilis Opera Mobile untuk perangkat Nokia berbasis Maemo (Nokia N800/N810/N900). Sekedar pengingat, pada tahun 2005 Nokia mengeluarkan seri N770 dengan browser Opera Mobile, namun pada tahun 2008 Nokia menghentikan penggunaan Opera Mobile dan menggantinya dengan browser buatan Nokia sendiri.

Nokia dengan Maemo

Yang menarik adalah Opera Mobile untuk Maemo ini bukanlah rilis resmi dari Opera Software, melainkan proyek “iseng” beberapa karyawan Opera yang tertarik dengan perangkat Maemo dan dikerjakan ketika ada waktu senggang.

Meski demikian, fitur yang dimiliki sama dengan Opera Mobile 10 untuk Symbian dan Windows Mobile, bahkan bisa dibilang lebih lengkap karena menyertakan Carakan, Vega, dan Presto 2.5. Karena rilis pertama, memang masih ada beberapa kekurangan seperti belum tersedianya dukungan terhadap Flash, belum mendukung on screen keyboard bawaan dan beberapa lainnya yang bisa Anda cek di sini.

Jika tertarik, silahkan download dan install Opera Mobile 10 di perangkat Nokia Anda. Namun perlu diingat bahwa ini bukan rilis resmi sehingga tidak melalui quality control sebagaimana rilis browser Opera yang lain.
Posted in Berita | Tagged nokia maemo, opera maemo, opera mobile, opera on nokia | Leave a comment
Jawaban seputar akuisisi Fastmail
Posted on 06/05/2010 by operaTor

Sebelumnya kami telah menulis bahwa FastMail.FM telah diakuisisi oleh Opera Software, namun akuisisi itu sendiri menimbulkan beberapa pertanyaan baik kepada pengguna Fastmail –layanan email gratis yang berasal dari Australia– maupun pengguna browser Opera.

Dan hari ini, blog Choose Opera merilis jawaban-jawaban atas pertanyaan yang paling banyak diajukan. Berikut ini jawaban-jawaban yang dirilis oleh blog tersebut:

* Mengapa Opera mengakuisisi FastMail dan apa tujuannya?
Opera Software sedang mencari layanan email yang cukup bagus dan FastMail adalah kandidat terbaik yang ada dan Opera akan memanfaatkan layanan FastMail sebagai bagian dari layanan Opera.
* Apakah ketentuan layanan (ToS) FastMail akan berubah?
Tidak ada perubahan layanan pada pengguna FastMail yang telah aktif. Ketentuan layanan FastMail masih tetap sama, sesuai dengan hukum dan undang-undang yang berlaku di Australia. Juga tidak ada perubahan pada forum FastMail yang saat ini cukup aktif.
* Apakah ada peningkatan kapasitas penyimpanan email?
Tentu saja, 10 MB (quota dasar di FastMail) dan 3 MB (quota dasar di OperaMail) sudah sangat tidak relevan dengan kondisi saat ini.
* Apa yang akan terjadi dengan OperaMail?
Teknologi yang dimiliki oleh FastMail akan diterapkan kepada OperaMail.

Ke depannya, FastMail ini akan menjadi Opera Software Australia.

Sumber: FastMail.FM FAQ
Posted in Berita | Tagged email, fastmail, opera mail, operamail | Leave a comment
Kemanakah Widget Twitter di Opera?
Posted on 02/05/2010 by operaTor

Jika Anda pengguna widget Twitter di browser Opera, widget tersebut dalam beberapa hari ini tidak ditemukan di halaman penampung widget Opera.

Tidak ada informasi mengenai “hilangnya” widget tersebut hingga akhirnya kami menemukan suatu entry di forum My Opera yang menanyakan tentang hal tersebut.

Di forum tersebut, Skooot –yang nampaknya adalah karyawan Opera– menuliskan:

Twitter widget is temporarily unavailable. Please be patient.

Semoga saja widget Twitter tersebut tidak menghilang terlalu lama, dan kemudian kembali dengan fitur-fitur yang belum tersedia sebelumnya.
Posted in Berita | Tagged twitter, widget | Leave a comment
Fastmail.FM diakuisisi oleh Opera
Posted on 02/05/2010 by operaTor

Berita yang cukup fenomenal dalam minggu ini adalah Opera Software telah mengakuisisi Fastmail.FM, penyedia layanan email gratis yang cukup populer. Banyak spekulasi yang muncul mengenai diakuisisinya Fastmail.FM oleh Opera Software, apalagi jika dikaitkan dengan Opera M2 (email client built-in di browser Opera) dan layanan Opera Mail yang mati suri.

Di dalam blog Choose Opera belum disebutkan alasan pembelian perusahaan penyedia layanan email gratis tersebut, begitu juga di dalam rilis resmi yang dikeluarkan oleh Opera Software. Namun Espen menyatakan bahwa akan ada pemberitahuan lanjutan mengenai akuisisi perusahaan ini.

Di dalam FAQ yang dimuat di halaman blog Fastmail disebutkan bahwa alasan penjualan ini adalah untuk mengembangkan layanan email gratis dari Fastmail agar lebih besar. Selain itu ada pilihan bagi pengguna layanan yang tidak menginginkan account-nya berpindah kepemilikan ke Opera, yaitu dengan membatalkan account yang terdaftar di Fastmail.

Penulis mempunyai imajinasi tersendiri mengenai hal ini. Dengan banyaknya pengguna Opera Mini di seluruh dunia, bukan tidak mungkin jika Opera akan menggabungkan dua teknologi tersebut. Dan saya membayangkan adanya teknologi semacam Blackberry Internet Service milik RIM.

Kita tunggu saja berita selanjutnya.
Posted in Berita | Tagged fastmail, fastmail.fm, opera m2, opera mail | 1 Comment
Perayaan Opera dan Kedatangan Obama di Oslo
Posted on 10/12/2009 by operaTor

Ketika pengguna dan penggemar Opera sedang merayakan pencapaian 90 juta pengguna dengan cara turun ke jalan-jalan di Oslo (tempat Opera Software berada), presiden Amerika Serikat, Barack Obama mendarat di bandara Oslo.

Tentu saja bukan untuk ikut merayakan prestasi Opera ini, melainkan untuk menerima nobel perdamaian yang memang diselenggarakan di kawasan Skandinavia.
Posted in Berita | Tagged nobble, obama, Opera, oslo | Leave a comment
Versi Beta 2 dari Opera Mini dan Opera Mobile
Posted on 03/12/2009 by operaTor

Opera Mini & Opera Mobile

Setelah merilis versi beta awal, Opera akhirnya meluncurkan Opera Mini 5 Beta 2 dan Opera Mobile 10 Beta 2.

Di rilis kali ini, kita masih mendapatkan fitur-fitur unggulan seperti Speed Dial, multitab, kompresi file/data dan desain yang menarik. Selain itu Opera juga menambahkan fitur Opera Link untuk melakukan sinkronisasi bookmark, Speed Dial dan pilihan mesin pencari.

Selain itu ada fitur terbaru, yaitu download manager yang bisa digunakan untuk memudahkan proses download di handphone yang kita gunakan.

Untuk informasi selanjutnya, kunjungi http://www.opera.com/mini/ untuk Opera Mini atau http://www.opera.com/mobile/ untuk Opera Mobile. Keduanya bisa didownload dari http://m.opera.com/next.
Posted in Opera Mini | Tagged Opera Mini, opera mini 5, opera mobile, operalink, operamini, operamobile, produk, release | 1 Comment
Mengubah menu di Opera menjadi Bahasa Indonesia
Posted on 25/11/2009 by operaTor

Opera merupakah salah satu perambah web yang mendukung penggunaan berbagai bahasa di seluruh dunia, termasuk Bahasa Indonesia. Panduan kali ini akan memberikan petunjuk untuk mengubah antarmuka Opera menjadi Bahasa Indonesia.

Caranya adalah dengan klik pada Menu – Tools – Preferences..

opera-0601

Setelah muncul dialog Preferences, masuk ke tab General dan pada pilihan Language pilih Bahasa Indonesia (id).

opera-0654

Setelah itu klik OK, tunggu sebentar dan browser Opera kita sudah menggunakan Bahasa Indonesia.

Catatan:
Antarmuka Bahasa Indonesia di perambah Opera mungkin masih ada beberapa kekurangan dan keanehan pada pilihan kata yang digunakan. Saat ini tim Opera masih terus melakukan pebaikan pada pemilihan kata dan bahasa yang digunakan agar lebih sesuai di versi-versi selanjutnya.
Posted in Opera | Tagged antarmuka, bahasa indonesia, interface, tips & trik | Leave a comment
Rilis Opera 10.10
Posted on 23/11/2009 by operaTor

scr-opera1010

Opera 10.10 telah diluncurkan hari ini dengan Opera Unite tertanam di dalamnya. Mari kita lihat fitur unggulan Opera 10.10 kali ini.

1. Opera Unite
Opera Unite adalah cara untuk berbagi file dengan mudah. Kita bisa berbagi foto/video/musik tanpa harus mengupload ke suatu server terlebih dahulu, sehingga semua data aman di komputer kita. Kita hanya perlu memberikan suatu link dan orang lain (tidak harus menggunakan browser Opera) bisa menikmati file yang ada di dalam komputer kita.Ingin data tersebut hanya diakses oleh orang-orang tertentu? Kita bisa memberikan password untuk link tersebut.
2. Opera Turbo
Opera Turbo adalah teknik kompresi suatu halaman website sebelum halaman website tersebut tampil di browser kita, sehingga data menjadi lebih kecil dan halaman web menjadi lebih cepat diakses. Cocok untuk yang mempunyai koneksi internet yang tidak terlalu cepat.

3. Visual Tab
Visual tab memungkinkan kita untuk melihat thumbnail dari suatu halaman web yang kita buka hanya dari tumpukan tab yang ada di atas browser. Mempermudah saat kita membuka banyak tab sekaligus.

4. Speed Dial yang bisa dimodifikasi
Sekarang kita bisa mengubah jumlah Speed Dial dalam browser Opera, termasuk gambar background-nya. Sangat menarik, seperti memasang wallpaper di desktop.
5. Opera Link
Opera Link adalah fitur yang sangat berguna. Dengan fitur ini kita bisa menyamakan Speed Dial, notes dan bookmark di browser Opera yang ada di PC, laptop, handphone (Opera Mini) dan lain-lain.

Download Opera 10.10
Posted in Opera | Leave a comment